TUTORIAL PENGGUNAAN SPECTRUM ANALYZER

PENGERTIAN SPECTRUM ANALYZER

Spectrum Analyzer adalah analisis suatu sinyal, secara sederhana bisa didefinisikan sebagai pemeriksaan informasi-informasi sinyal pada domain frekuensi (frequency domain) dan domain waktu (time domain). ). Analisis sinyal pada domain waktu dilakukan dengan alat ukur oscilloscope, sedang analisis sinyal pada domain frekuensi dilakukan dengan alat ukur spectrum analyzer.

 KOMPONEN YANG DIBUTUHKAN

  1. Spectrum Analyzer berfungsi untuk mengukur tingkat akurasi dari sinyal yang dipancarkan kearah satelit.
  2. Speaker berfungsi untuk menghasilkan suara dari frekuensi yang kita cari sudah tepat dalam sebuah saluran radio
  3. Anten berfungsi untuk menangkap sinyal gelombang radio.
  4. Kabel konektor berfungsi untuk menghungkan speaker dengan spectrum analyzer

LANGKAH – LANGKAH

Pertama nyalakan dulu Spectrum analyzer dan pastikan kabel-kabel telah terpasang. Untuk pengukuran frekuensi function generator, akan menggunakan banyak tombol seperti range, tombol frequency untuk memperoleh nilai frekuensi  function generator. Apabila semua proses telah dilakukan sesuai dengan ketentuan maka akan muncul spectrum–spectrum pada layar. Spectrum tersebutlah yang kemudian akan analisis.

Mencari frekuensi radio FM yaitu dengan cara, hubungkan kabel input terlebih dahulu ke antena penerima dan bagian input spectrum analyzer. Setelah itu sambungkan input speaker ke colokan phone dari spectrum analyzer yang terdapat dibawah layar LCD. Kemudian jangan lupa untuk menyalakan spectrum analyzer dan speaker. Tekan tombol center, lalu atur frekuensi ke 98 MHz. Atur tombol span ke 200 KHz. Naikkan frekuensi perlahan dengan memutar tombol spinner sampai muncul spectrum dengan frekuensinya sampai pada garis tengah yang jelas dalam artian gelombang yang dihasilkan besar. Jika sudah ketemu gelombang sinyal yang besar sampai ke tengah tekan tombol shift dan center untuk mengaktifkan modus demod. lalu putar spinner ke posisi narrow, medium atau wide sampai tak terdengar siaran radio. Tekan tombol center, geser frekuensi tengah kembali atau naik–turunkan reference level untuk hasil yang lebih jelas. Posisikan demod ke off kemudian atur kembali tombol span ke 200 KHz. Untuk mencari siaran radio yang lain, spectrum analyzer dapat menangkap sinyal gelombang radio yang lain melalui antena yang telah terpasang dengan cara memutar tuning atau frekuensi yang semakin di perbesar agar mendapatkan sinyal gelombang radio, jangan lupa untuk menyalakan speaker nya untuk mengetahui apakah frekuensi yang kita cari sudah tepat dalam sebuah saluran radio atau belum. Jika sudah tepat maka suara akan jelas.

Untuk lebih jelasnya dapat klik disini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *